Barcelona Hampir Buang Guardiola ke Divisi Dua

By | Oktober 4, 2016

josep-guardiola

Barcelona ternyata pernah hampir melepas Josep Guardiola ke klub divisi dua di Spanyol. Namun rencana tersebut urung setelah hadirnya Johan Cruyff.

Guardiola masuk dalam skuat utama Barca ketika masih berusia 19 tahun pada tahun 1990. Selama berada dalam asuhan Cruyff, Guardiola mengantarkan Barca meraih gelar La Liga empat kali berturut-turut dari tahun 1991 hingga 1994.

Namun sebelum itu, Cruyff sebelum meninggal pada bulan Maret lalu, mengungkapkan dalam buku biografinya yang dirilis pekan ini, bahwa Guardiola sempat akan didepak dari klub karena tubuhnya yang kecil. Lalu rencana itu, digagalkan Cruyff setelah melihat kualitas pemain yang saat ini menjadi pelatih Manchester City tersebut.

“Barca ingin membuangnya [Guardiola]. Mereka menilainya kecil, buruk dalam bertahan, tak efektif dalam duel udara. Tak ada orang yang mengira bahwa dia punya kualitas dasar untuk bisa menjadi pemain lebih baik: dia punya kecerdasan dalam bermain, eksekusi kencang, dan teknik,” tulis Cruyff seperti dikutip Goal Internasional.

“Jika saya tak di Barcelona, saya yakin ia sudah dijual ke klub Segunda Division,” sambungnya.

Sumber : Bola.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *