‘Batshuayi Bukan Pelapis yang Pas untuk Costa’

By | Januari 10, 2017

Chelsea dinilai perlu mencari lagi pelapis yang lebih bisa diandalkan untuk Diego Costa. Sebab Michy Batshuayi sejauh ini tak meyakinkan.

Batshuayi sebenarnya merupakan pembelian pertama Chelsea bersama Antonio Conte di awal musim ini. Dia dibeli dari Marseille dengan banderol yang terbilang tinggi, yakni 40 juta euro.

Disebut-sebut sebagai penerus Didier Drogba yang merupakan legenda Chelsea dan juga eks pemain Marseille, Batshuayi diproyeksikan sebagai penyerang masa depan The Blues.

Tapi sejauh ini Batshuayi justru kesulitan beradaptasi dengan gaya main Chelsea di bawah Conte. Beberapa kali manajer asal Italia itu menyebut pemain internasional Belgia itu masih berusaha menemukan klik dengan cara bermain tim.

Menjadi persoalan ketika Chelsea pada akhirnya cuma benar-benar bisa bergantung pada Costa. Batshuayi yang sepatutnya jadi pelapis, masih belum bisa memberikan sentuhan serupa.

Eks pemain dan asisten pelatih Chelsea Ray Wilkins menyebut salah satu faktor besar Conte belum percaya dengan Batshuayi, adalah karena kontrol bolanya yang buruk. Sebagai pemain yang ditempatkan di posisi ujung tombak dalam pola tiga penyerang, hal tersebut krusial untuk menahan bola sembari menunggu rekan bergerak ke depan.

Hal ini yang dilihat Wilkins kala Batshuayi bermain penuh melawan Peterborough di babak ketiga Piala FA. Pemain 23 tahun itu mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 4-1 yang dipetik Chelsea, tapi lima kali kehilangan bola.

“Kemarin ketika saya menontonnya, dia seperti seseorang yang lapar bermain bareng tim pertama, dan dia seperti begitu ingin memberi kesan. Dia sangat ingin tampil baik, dia berlari ke manapun, kontrol bolanya buruk ketika bola diarahkan padanya,” kata Wilkins dikutip Sky Sports.

“Saya tidak merasa ketika Anda punya Costa berada dalam performa saat ini, bahwa Batshuayi merupakan jawaban untuk menggantikannya.”

“Ketika mereka sebelumnya memainkan Pedro, Willian, dan Eden Hazard di depan (saat Costa absen), saya saat itu bertanya-tanya kenapa Conte tidak memainkan Batshuayi sebagai penyerang murni.”

“Sekarang saya bisa melihat alasannya kenapa dia (Conte) tidak melakukannya, karena Batshuayi tidak punya kontrol bola yang dipunyai para pemain lainnya,” imbuhnya.

Batshuayi bermain 12 kali di Premier League, tapi seluruhnya sebagai cameo dan baru mencatatkan 81 menit. Dia baru diberi kesempatan lebih luas di ajang Piala Liga Inggris dan Piala FA, tampil di empat laga pada dua turnamen itu dengan 314 menit.

Chelsea dikabarkan mempertimbangkan merekrut Fernando Llorente untuk dijadikan pelapis Costa. Llorente merupakan eks anak buah Conte di Juventus pada 2013-2015 lalu.

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *