Borosnya Klub-klub Liga Inggris di Minggu Pertama Bursa Transfer Musim Panas

By | Juli 11, 2016

Klub-klub di Liga Primer Inggris bergerak cepat di bursa transfer musim panas ini. Hanya di minggu pertama sudah 300 juta euro keluar untuk perekrutan pemain.

Jumlah tersebut – sekitar Rp 4,3 triliun– terhitung massif . Sebagai perbandingan, musim lalu klub-klub tersebut “hanya” menggelontorkan dana sebesar 870 juta poundsterling sepanjang 9 minggu bursa transfer musim panas.

Borosnya klub-klub Liga Primer Inggris musim ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya uang yang didapat dari penyiaran stasiun televisi. Masing-masing klub akan mendapat sekitar 30-50 juta pounds dari kontrak terkait penayangan laga di televisi.

Stasiun TV seperti Sky telah menandatangani kontrak senilai 4,2 miliar poundsterling untuk menyiarkan laga-laga Liga Inggris selama tiga tahun ke depan. Selain Sky, masih ada BT Sports yang meneken kontrak senilai 960 juta poundsterling dengan durasi yang sama.

Pengamat finansial sepakbola, Rob Wilson, mengatakan bahwa kontrak dengan stasiun-stasiun TV ini menyebabkan harga pemain juga ikut melambung tinggi. Namun, ia juga tidak menduga bahwa kenaikan harga pemain yang terjadi akan begitu tinggi.

“Sudah pasti kontrak dengan TV akan berpengaruh pada pengeluaran klub-klub tersebut,” ujar Wilson dilansir dari BBC.

“Tren ini sedang berlangsung dari 2-3 tahun yang lalu. Namun kami tidak menyangka bahwa kali ini harga pemainnya melonjak drastis. Sangat mengejutkan,” tambah Wilson.

Memang, pengeluaran klub-klub Liga Inggris untuk transfer pemain semakin hari semakin besar. Musim lalu (2015/2016), sekitar 1,045 miliar poundsterling dikeluarkan selama bursa transfer musim panas dan dingin. Musim sebelumnya lagi (2014/2015), sekitar 965 juta poundsterling dihabiskan untuk transfer pemain.

Manchester United menjadi tim yang terboros setelah mengeluarkan dana sebesar 56 juta pounds hanya untuk membeli Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly. Tetangganya, Manchester City, juga telah merogoh kocek sebesar 43,8 juta pounds untuk menggaet Ilkay Guendongan dan Nolito.

Juara musim lalu, Leicester City, juga menghabiskan banyak uang demi persiapan untuk berlaga di Liga Champions musim depan. Leicester memecahkan rekor transfernya dengan merekrut striker CSKA Moscow, Ahmed Musa, dengan mahar 16 juta poundsterling. Selain Musa, Leicester juga merekrut gelandang Nampalys Mendy dari OGC Nice dan kiper Ron-Robert Zieler dari Hannover 96.

Klub-klub promosi juga gencar dalam urusan ini. Middlesbrough telah menebus pemain tengah Marten de Roon dari Atalanta dengan harga 12 juta poundsterling dan membeli winger berbakat asal Denmark, Viktor Fischer, dari Ajax Amsterdam.

Jumlah ini tentu saja masih mungkin untuk bertambah drastis. Klub-klub seperti Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Everton belum melakukan pembelian yang terhitung mahal. Selain itu, masih ada rumor anyar tentang pembelian Paul Pogba oleh Manchester United yang harganya diperkirakan mencapai 100 juta poundsterling.

“Harga-harga meningkat tajam. Dengan selesainya Piala Eropa, pemain seperti, katakanlah Antoine Griezmann, akan memiliki harga selangit karena performanya dan juga tentunya nilai kontrak klub-klub dengan TV,” tukas Wilson.

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *