Sejarah Hari Ini (18 Oktober): Masih Ingat Robbie Savage?

By | Oktober 18, 2016

robbie-savage

Apakah Anda masih ingat dengan Robbie Savage? Gelandang tengah energik dengan rambut pirang panjangnya yang dibiarkan terurai dan merupakan salah satu pesepakbola flamboyan Liga Primer Inggris.

Masa jaya pemain berkebangsaan Wales ini hadir di akhir 90-an hingga pertengahan 2000-an, dengan menjelma sebagai legenda Leicester City dan Derby County.

Tepat hari ini 18 Oktober 2016, Savage yang sekarang bekerja sebagai pandit sepakbola untuk BBC memasuki usia 42 tahun.

Walau tak pernah menjuarai EPL, permainan apik yang ditunjukkan Savage sepanjang kariernya membuat mayoritas penggemar sepakbola Inggris mengapresiasi sosoknya.

Memulai karier di Manchester United, Savage merupakan salah satu bagian dari era emas akademi The Red Devils 1992. Sayang, nasibnya tak secemerlang David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, atau Neville bersaudara.

Mendapat kontrak profesional pada 1994, Savage tak pernah sekalipun tampil untuk tim senior United. Ia kemudian dijual ke klub divisi tiga Inggris, Crewe Alexandra. Tampil gemilang dengan membawa klub barunya promosi ke divisi dua, pemain berujuluk The Afghan ini dijual ke Liecester City yang bercokol di EPL.

Bersama Leciester, Savage menjelma jadi legenda klub. Lima musim berkarier dengan The Foxes, ia menorehkan 175 penampilan, mencetak delapan gol, dan mempersembahkan satu gelar Piala Liga Inggris.

Habis masa berlakunya di Leicester, Savage kemudian berkelana ke Birmingham City, Blackburn Rovers, Brighton & Holve Albion, hingga bermukim lama dan gantung sepatu di Derby County.

Di level timnas, Savage hanya mengoleksi 39 caps dan sepasang gol bersama timnas Wales. Periodenya bersama The Dragons lebih banyak disertai konflik dengan pelatih tim, ketimbang prestasi.

Meski dikenal sebagai gelandang yang miliki visi permainan luar biasa, Savage juga diberi predikat oleh Daily Mail sebagai pemain terkasar sepanjang sejarah EPL.

Predikat itu diberikan berdasar pada jumlah kartu kuning yang diterimanya sepanjang berkarier di EPL, sebanyak 88 kartu. Jumlah itu hanya kalah dari Lee Bowyer sebagai raja kartu kuning EPL, dengan koleksi 98 kartu.

Uniknya dari 88 kartu kuning yang diterimanya di EPL, Savage hanya pernah sekali mendapat kartu merah! Ajaib!

Sumber : Goal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *