Tanaman dan Rambu Lalu Lintas Rusak Usai Aksi Bonek

By | November 11, 2016

persebaya

Situasi di pusat Kota Surabaya sempat mencekam saat ribuan bonek yang kecewa dan marah melakukan konvoi. Tanaman dan rambu di Jalan Raya Darmo berantakan.

Bonek kecewa setelah status Persebaya tidak dibahas dalam Kongres PSSI. Pendukung Persebaya, atau yang biasa disebut bonek, mengawali aksinya di depan Gedung Negara Grahadi, Jl Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (10/11/2016) malam.

Massa bonek sempat memblokir Jalan Gubernur Suryo untuk bernyanyi dan menyalakan flare serta membakar spanduk bekas. Puas di situ, mereka bergerak ke Kantor PSSI Jatim di Jalan Kertajaya dengan pengawalan ketat petugas.

Massa bonek juga secara bergelombang menuju ke pusat kota. Saat rombongan bonek melintas di Jalan Raya Darmo, sempat terjadi aksi pemblokiran jalan. Bahkan, di antara mereka ada yang melakukan pembakaran spanduk bekas di tengah jalan yang tak jauh dari rumah dinas Kapolda Jawa Timur dan Pangdam V/Brawijaya itu.

Selain itu, ada sejumlah orang yang melakukan pengerusakan terhadap tanaman di pulau taman yang berada di Jalan Raya Darmo. Juga merusak rambu-rambu lalu lintas. Aparat kepolisian akhirnya membubarkan kerumunan massa di Jalan Raya Darmo.

Konvoi lainnya di kawasan Wonokromo juga memicu insiden. Sebuah mobil patroli lalu lintas yang di parkir di dekat pos polisi ini pecah jendela kanan dan beberapa bagian body-nya penyok.

Begitu juga di jalur frontage Jalan A. Yani sisi barat. Massa yang datangnya dari arah Bunderan Waru sempat bergerombol di dekat SPBU Jalan A Yani. Dari keterangan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Iman Sumantri, terjadi penjarahan warung makan.

Karena massa sulit dikendalikan, polisi membubarkan kerumunan massa dengan tembakan gas air mata sebanyak tiga kali. Kemudian, polisi menggiring massa kembali ke arah Bundaran Waru atau Sidoarjo dengan melawan arus. Hingga Pukul 23.20 WIB, situasi di Kota Surabaya sudah kembali kondusif. Massa bonek sudah membubarkan diri.

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *