Umtiti Adalah Jaminan Solid Pertahanan Barcelona Musim Depan

By | Juli 11, 2016

Barcelona berhasil merampungkan transfer Samuel Umtiti dari Lyon pada akhir bulan Juni kemarin. Umtiti akan menjadi tambahan yang solid bagi lini belakang Barcelona.

Musim panas ini memang menjadi tahun yang menakjubkan bagi Umtiti. Ia berhasil masuk ke skuat Prancis untuk Piala Eropa 2016, menggantikan partner masa depannya di Barcelona yang saat ini cedera, Jeremy Mathieu.

Pada awalnya, Umtiti hanya menjadi cadangan, namun setelah Adil Rami terkena akumulasi kartu kuning di babak 16 besar, Umtiti akhirnya tampil dalam laga melawan Islandia. Tampil cemerlang, Umtiti menjadi pilihan utama di depan Rami, dan ia akhirnya tampil dalam laga final. Namun, Prancis harus kalah dari Portugal dan Umtiti ggal memberikan trofi kepada negaranya.

Pemain berusia 23 tahun ini ditransfer dengan harga senilai 25 juta euro. Umtiti sekiranya memiliki kemampuan untuk menjawab harganya yang tidak murah itu.

Pemain yang memiliki darah Kamerun ini merupakan bek impian bagi Barcelona. Selain kemampuan bertahan yang mumpuni, ia juga mahir untuk mengoper bola dan tenang ketika menguasai bola di kakinya. Bersama Prancis di Piala Eropa 2016, ia mencatatkan persentase operan sukses mencapai 95.4%! Kemampuan mengoper Umtiti ini tentu akan sangat dibutuhkan oleh Barcelona, yang mengandalkan banyak operan untuk menyerang.

Di Barcelona, Umtiti diperkirakan akan berduet dengan Gerard Pique di lini belakang. Barcelona memang masih memiliki Thomas Vermaelen, Javier Mascherano, dan Mathieu. Namun ketiga bek tersebut terhitung sudah mulai menua (di atas 30 tahun). Kehadiran Umtiti akan menjadi angin segar bagi pertahanan Barcelona. Ditambah lagi, Barcelona baru kehilangan bek muda mereka, Marc Bartra, yang pindah ke Borussia Dortmund.

Performa Umtiti pun mendapatkan pujian dari banyak orang. Yang paling utama adalah dari pelatihnya di timnas Prancis, Didier Deschamps. Deschamps mengatakan bahwa Umtiti adalah anak muda yang mampu tampil dewasa di lapangan.

“Aku tidak terkejut dengan kemampuan Umtiti, ia melakukan apa yang dapat ia lakukan,” ujar Deschamps dikutip dari Business Recorder.

“Ia memiliki kepercayaan diri yang bagus. Beberapa pemain belum dapat dewasa walaupun sudah berusia 30 tahun, yang lainnya mampu tampil dewasa di usia 20 tahun. Umtiti termasuk sebagai yang kedua,” puji Deschamps.

“Selamat, kau membuatku kagum! Tetaplah tampil dengan tenang,” ucap mantan bek timnas Prancis, Lilian Thuram, kepada Umtiti.

Barcelona kini tidak perlu khawatir lagi akan lini belakang mereka. Kehadiran Umtiti akan menjadi jaminan solid bagi Barcelona di musim-musim mendatang.

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *